9 LANGKAH MENUJU SUKSES

fotoku8

Ada 9 Langkah menuju SUKSES yang ingin saya share dengan Anda. Kesembilan langkah itu merupakan serangkaian aspek dalam kehidupan manusia untuk mendapatkan kebahagiaan seumur hidup dengan berbasis pada Berpikir Positif atau Positive Thinking. Banyak orang sukses melakukan hal – hal tersebut di atas. Hal inilah yang membedakan antara manusia biasa saja dengan manusia yang LUAR BIASA.

  1. Percaya Kepada Allah SWT.

Sebagaimana manusia beragama dan bearadab, Anda percaya akan adanya Tuhan yang menciptakan kita dan semua yang ada di dunia ini. Dialah sang Causa Prima, penyebab dari segalanya yang ada di jagat raya ini.

Kebahagiaan seorang manusia bukan terletak pada banyaknya uang yang dapat dikumpulkan selama satu bulan, satu tahun ataupun puluhan tahun. Banyak orang yang mempunyai harta berlimpah tetapi kehidupannya begitu hampa, dan sepi. Mengapa?

Karena mereka tidak pernah merasakan ketenangan bathin, mereka selalu dikuasai oleh ketakutan akan kehilangan segala yang dimilikinya. Hal ini terjadi karena rendahnya akidah. Perlu diketahui bahwa akidah adalah landasan iman seseorang. Tanpa akidah yang benar maka orang tersebut akan sulit percaya pada Allah SWT dalam arti yang sesungguhnya.

Berikut ini adalah sikap yang perlu Anda kembangkan untuk makin menguatkan iman kita kepada Allah SWT.

    1. Selalu berfikir bahwa apa yang terjadi pada Anda adalah karena hasil pola pikir Anda sendiri
    2. Melaksanakan syariat dengan landasan akidah
    3. Semua rejeki dan apapun  Anda terima dari Allah SWT semata
    4. Tidak ada yang bisa meng‘gol’kan rencana Anda kecuali ijin Allah SWT
    5. Pupuklah sikap selalau berbagi dengan orang lain.
    6. Yakinkan bahwa dengan banyak memberi maka Anda akan menerima lebih banyak.
    7. Banyak-banyaklah mengucapkan Kalimah Toyibah setiap sesuatu terjadi pada Anda baik maupun buruk.
  1. Disiplin

Disiplin adalah salah satu kunci sukses, demikian Soichiro Honda berprinsip. Disiplin meliputi segala aspek hidup manusia dari mulai disiplin pakaian, bicara, kerja, bersikap dan lainnya. Betapa pentingnya disiplin dalam meraih puncak sukses digambarkan jelas dalam kehidupan Thomas Watson pendiri IBM, sedemikian rupa dia menciptakan disiplin pada dirinya yang di kemudian hari menjadi disiplin sukses yang tidak sa dipisahkan dari pribadinya.

Sikap disiplin menjadikan Anda selalu tampil elegan dan profesional. Langkah – langkah untuk mendisiplinkan diri ada beberapa dalam uraian berikut ini.

  1. Selalu tepat waktu
  2. Tidak menunda pekerjaan
  3. Mengerjakan selalu dengan baik dan benar
  4. Berhemat dalam mengatur keuangan
  5. Pengendalian pribadi yang kuat
  1. Kerja Keras

Success is created from 1% inspiration and 99% perspiration. Sukses 1 % didapat dari Ide (inspirasi) dan 99 % dari keringat (kerjakeras). Hal ini yang menjiwai Rockeffeller dalam menjalankan sikapnya untuk meraih sukses. Berbekal ide yang cemerlang dan semangat kerja keras yang tinggi, Rockeffeller menjadi pemilik Pabrik Minyak terbesar di Amerika Serikat, Standard Oil.

Orang – orang sukses memang selalu menempuh dan menjalani waktu ekstra untuk mendapat sukses. Waktu kerja ekstra, pikiran digunakan ekstra, yang dicontohkan oleh Bill Gates pemilik Microsft Corporation, ketika suatu malam dia melihat kantor IBM di Massachusset masih buka sampai jam 12 malam. Bill Gates segera menelepon direksinya untuk segera ke kantor dan melakukan meeting sampai Jam 3 dini hari. Hal yang sama di lakukan tiap dua hari sekali. Dan hasilnya adalah Microsoft Coorporation sekarang menjadi perusahaan piranti lunak yang terbesar bukan hanya di Amerika Serikat tetapi di dunia.

Kerja keras memang sangat diperlukan untuk orang – orang yang ingin sukses.

Berikut langkah – langkah untuk menjadikan kerja keras sebagai budaya kerja.

  1. Selesaikan pekerjaan sesegera mungkin.
  2. Gunakan waktu luang untuk berkreasi
  3. Susunlah jadwal kerja, gunakan waktu ekstra bila perlu.
  4. Berbuatlah sesuatu jangan tinggal diam
  5. Ingatlah bahwa waktu tidak dapat terulang
  1. Komunikatif

Orang yang mendapat informasi lebih dahulu, dialah yang akan mendapatkan sukses. Demikian Aristotle Onasis selalu berkata pada setiap kesempatan. Dia sengaja ambil kursus bahasa dan menguasai empat bahasa.

Untuk mendapatkan informasi orang harus berkomunikasi dengan orang lain lewat berbagai cara. Hal ini menjadikan komunikasi sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang.

Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat dimiliki oleh Onasis, dari bisnis kecil – kecilan sampai menjadi Raja Kapal dunia Onasis menggunakan kemampuan yang satu ini untuk mengembangkan bisnisnya. .Orang mampu berkomunikasi tidak bergantung pada bakat akan tetapi pada kemauan. Kemauan untuk selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak kalangan menjadikan Anda banyak wawasan dan pengetahuan yang nantinya berguna bagi Anda. Mereka yang mampu berbicara di depan umum dengan lugas dan wawasan luas membuat dikagumi orang.

Orang sering merasa tidak mampu berkomunikasi dengan alasan tidak bakat. Itu pemahaman yang tidak benar. Banyak orang yang dulunya introvert tapi kemudian menjadi pembicara ulung di seminar – seminar. Ini memang bukan bakat tapi lebih berdasar pada kemauan untuk lebih banyak bergaul dan berkomunikasi dengan sekian banyak orang.

Berikut langkah untuk menjadikan Anda komunikatif.

  1. Siapkan bahan pembicaraan
  2. Bersikaplah terbuka kepada setiap orang yang Anda temui
  3. Berkomunikasilah dengan baik sebaik kita menjadi pendengar
  4. Selalu mengikuti perkembangan informasi dan tehnologi
  5. Yakinkan pada diri Anda bahwa anda selalu bisa membahas apa saja
  6. Melatih bicara dengan banyak membaca buku – buku yang relevan
  1. Menjual Kemampuan Diri

Banyak orang yang bekerja keras tapi tidak terlihat oleh orang lain. Banyak orang yang menguasai sesuatu tetapi hanya sedikit orang yang tahu. Hal ini terjadi karena orang tersebut tidak pernah mempromosikan dirinya sendiri. Mengapa demikian? Sebagian orang takut dikatakan sombong ketika harus membicarakan kemampuan dirinya. Itu tidak selamanya benar! Dengan tata cara komunikasi yang baik, Anda bisa mempromosikan diri Anda tanpa mesti dikatakan sombong.

Berikut cara – cara mempromosikan diri

  1. Mengusulkan sesuatu tanpa diminta pada saat yang tepat
  2. Memberikan kartu nama dengan sedikit ulasan tentang Anda dan usaha Anda
  3. Aktif dalam setiap pertemuan
  4. Hargai pendapat orang lain dengan sebuah pujian
  5. Mendebat seseorang dengan didahului kalimat, “sesungguhnya anda benar akan tetapi ………….”
  6. Perhatikan ketika orang lain bicara dengan air muka bersahabat
  1. Peduli

Sukses juga ditentukan oleh rasa peduli Anda pada lingkungan dan orang lain. Sebagian orang sukses di dunia telah membuktikannya. Bill Gates mundur dari jabatannya sebagai CEO Microsft Coorporation kemudian dia mendirikan sebuah yayasan amal Bill Gates Foundation. Demikian pula dengan Steven Speilberg, dia menyumbangkan sebagian penghasilannya pada lembaga – lembaga kemanusiaan dunia. Mengapa mereka berbuat demikian?

Rasa peduli mengiringi jalan mereka menuju sukses sejati. Tanpa rasa peduli Anda akan menjadi manusia yang kurang bersyukur. Kepedulian Anda kepada sesama dan lingkungan Anda akan membuat Anda rendah hati dan menjadi orang yang ahli syukur. Dengan kepedulian, Anda bisa berbagi dan merasakan penderitaan orang lain, serta dimudahkan jalan Anda oleh Allah SWT. Anda sebagai mahluk sosial memang sangat penting untuk berintraksi dengan orang lain, siapapun mereka. Dengan demikian Anda bisa tahu tentang kehidupan ini, sehingga Anda dapat belajar dari pengalaman orang lain, hal ini menjadikan Anda makin bijaksana dalam bertindak. The Best teacher is not our experiences but the other’s can make us wiser, demikian dikatakan oleh Stephen Schiffman seorang konsultan SDM tingkat dunia.

  1. Pembelajar

Di kebanyakan perusahaan Jepang pelatihan mempunyai anggaran yang paling besar dalam organisasi pengelolaan sumber daya manusia. Di Toyota Corporation misalnya, mereka menghabiskan US$ 6000 per orang per tahun. Mengapa demikian? Karena belajar itu penting untuk semua orang, dan dengan belajar mereka akan mendapatkan tambahan wawasan yang sangat luas. Membaca buku, ambil kursus pelatihan yang menunjang kinerja adalah salah satu untuk belajar lebih banyak tentang pengetahuan dan wawasan lain. Longlife Education, demikian banyak orang berkata. Ya, belajar memang harus dilakukan seumur hidup agar Anda selalu dinamis mengikuti perkembangan jaman.

  1. Pola Hidup Sederhana

Spend your money wisely. Sering Anda mendengar kalimat itu. Gunakan uang Anda dengan bijak. Hal ini menjadi salah satu faktor sukses. Dengan kesederhanaan Anda bisa berhemat dan menabung, dengan menabung Anda akan dapat berinvestasi dengan baik tanpa harus melibatkan orang lain. Hemat tidak sama dengan pelit! Orang hemat akan membelanjakan uangnya pada hal – hal yang penting dan mendesak. Orang pelit tidak akan membelanjakan uangnya untuk apapun.

Pola hidup sederhana banyak dicontohkan oleh orang – orang sukses tingkat dunia. Mereka hidup bersahaja meski mempunyai kekayaan yang berlimpah. Mereka tahu bagaimana mengendalikan kekayaan mereka agar tetap langgeng dan dinikmati oleh keturunannya.

Kunci dari hidup sederhana adalah pengendalian diri dari pola konsumtif.

  1. Berhati Besar

Qonaah artinya menerima dengan lapang hati. Hal ini yang juga dilakukan oleh orang – orang yang ingin sukses. Apapun yang terjadi pada diri mereka, akan selalu dipelajari mengapa itu terjadi, dan jawabanya adalah itu terjadi karena kesalahan mereka sendiri. Nicholas Hilton pernah mengatakan kepada salah satu koleganya bahwa salah satu kiat sukses yang demikian besar ada pada dirinya adalah tidak pernah menyalahkan orang lain tentang apa yang menimpa dirinya.

Orang yang berhati besar selalu mengedepankan pemahaman Illahiyah. Segala sesuatu yang terjadi pada dirinya selalu dikembalikan kepada Allah SWT.

Dikutip dari: Buku “7 Cara Ajaib Mencapai Keinginan Anda Dengan Kekuatan Positive Thinking”

Advertisements
This entry was posted in Artikel Motivasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s